Thursday, November 4, 2010

Apa Obrolan Anda di Warung Kopi?

Apa yang Anda obrolkan jika duduk di warung kopi? Jawabnya tentu sangat variatif. Ada orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk membuka jejaring sosial semacam fesbuk. Ada juga ngobrol hal-hal yang menurut orang lain tidak penting. Setidaknya itulah yang saya amati dari banyak warung kopi di kota ini.

Lantas berapa lama Anda mampu nongkrong di warung kopi? Jawabnya juga beragam. Ada yang tahan dari pagi hingga sore, walau hanya memesan kopi pancung, porsi seleher gelas saja. Tapi pemesan sanggup untuk berlama-lama untuk menghabiskannya. Kadang kopi sudah teramat dingin, tapi tetap saja pemesan tak beranjak dari duduknya. Inilah fenomena yang terjadi pada warung kopi di Pontianak.

Kita memang betah duduk di warung kopi untuk hal-hal yang tak produktif. Tapi kita tidak menutup mata terhadap orang-orang yang melakukan aktivitasnya di warung kopi. Sebagian menganggap warung kopi itu kantornya. Kopi yang porsi pancung dan sebatang sigaret cukup untuk menuntaskan aktivitasnya. Mereka mengaku produktif, tapi tidak bisa menunjukkan seberapa besar produktivitasnya itu.

Obrolan warung kopi dengan pancungnya memang sudah menjadi fenomena bagi sebagian masyarakat di Pontianak. Entah dari mana asalnya hingga muncul istilah kopi pancung. Entah siapa yang mulai menyebutnya sebagai kopi pancung. Saya belum menemukan catatan sejarahnya. Tapi hanya keluar dari mulut ke mulut saja.

Saya mahfum juga dengan kebiasaan orang yang memesan kopi pancung. Mungkin mereka kurang suka kopi, atau kantong mereka sedang kering. Atau mereka tidak enak dengan orang yang mengajaknya nongkrong, sehingga tidak terlalu membebankannya dalam membayar. Hehehehee…… Koreksi saya kalau salah.

Obrolan politik juga kadang menghiasi meja-meja warung kopi. Kadang berapi-api, kadang juga lemah lembut. Ada juga nada amarah dalam setiap kata yang keluar. Mungkin si pengucap sedang kesal. Berita-berita di koran juga jadi santapan dalam obrolan kaum penikmati warung kopi dengan porsi pancung itu.

Lalu Anda memilih obrolan apa dengan porsi kopi yang mana? (*)

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code