Friday, May 23, 2008

Kabung Tourne (2)

Kami harus meninggalkan gedung-gedung menantang langit. Lupakan ingar bingar pasar. Kabut asap yang mengundang asma. Berleha sejenak dari rutinitas kantor. Berpisah dengan sejawat dan keluarga selama dua hari. Bermunajat untuk keindahan hidup esok hari. Welcome Kabung!

Bus satu pintu baru saja berangkat. Bus jurusan Pontianak-Sambas ini membawa kami ke Teluk Suak. Sebuah tempat penyeberangan menuju Pulau Kabung. Isi bus itu ada 14 orang: tujuh laki-laki dan tujuh perempuan. Tiga wartawan, dua redaktur, dua fotografer, sisanya anak-anak ekspresi, sebuah rubrik di Harian Pontianak Post.

Bus terus bergerak. Dua tiga kota sudah dilalui. Ada yang tertidur. Ada yang memegang perut menahan lapas. “Tadi belum sarapan,” kata Shando, fotografer Pontianak Post yang tetap memelihara rambut gondrongnya.

“Sekarang di mana?” tanya Mela. “Masih di Pinyuh,” saya menjawab. Mela Danisari yang jadi koordinator tourne. Ia tidak begitu hafal dengan rute menuju Teluk Suak. Lokasinya berada di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang.

Pukul 09.00, bus yang kami tumpangi tiba di Teluk Suak. Sebagian teman-teman langsung mencari warung: makan. Sebagian lagi langsung menuju dermaga tradisional. Penumpang kapal motor telah menanti di bibir dermaga. Panas mulai mendera.

Nakhoda mengingatkan agar penumpang tidak duduk di bibir kapal. Gelombang cukup besar. Kapal ini bisa oleng. Penumpang lain mengingatkan, apakah sudah siapkan kantong plastik. “Nanti mabuk laut,” begitu pesannya.

Saat melintasi Laut China Selatan, teman-teman mengabadikannya. Kamera digital tanpa blitz terus menjepret. Cekikian dan gaya-gaya narsis dipamerkan. Penumpang lain hanya senyum-senyum. Inilah gaya remaja kota menikmati keindahan laut. Dari Teluk Suak ke Pulau Kabung membutuhkan waktu sekitar satu jam. (*)

1 komentar:

Asep Haryono said...

Saya senang wisata alam seperti ini. Jadi ingat waktu SMA dulu sampei hiking segala. Tapi memang susah juga kalaw ikut ke Kabung, padahal saat itu saya udah siap dan kepengen bangeds ikut.
Jadi iri deh liat temen temen kompak di sana, berenang bercanda ria, foto sana sini, semuanya sudah saya liat walah dalam rekaman foto rekan rekan semua.
Ntah kapan, ntah suatu saat nanti, saya akan coba untuk ikut di acara serupa. Semoga berkenan

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code