Monday, September 22, 2008

Talang

Ini satu judul lagu yang sering kami nyanyikan waktu masih di asrama dulu. Semacam lagu kebangsaan ketika mau membeli keperluan untuk beramai-ramai. Membeli dengan pola keroyokan. Itu karena tidak ada satupun yang punya duit cukup untuk mentraktir semuanya.

Tidak ada pencipta dari lagu ini. Syair dan nadanya muncul begitu saja. Tapi sangat akrab di telinga. Maklumlah lagu ini hampir setiap hari dinyanyikan. Wajib hafal bagi anak baru. Kalau tidak bisa dihukum push up atau sejenisnya. Saya pernah mendapatkan hukuman itu ketika baru masuk asrama pada 2005.

Begini syairnya:
Talang-talang.....
Talang-talang....
Welcome to matuk...

Talang-talang....
Talang-talang....
Seribu agik....


Mengapa lagu ini sangat populer di asrama kami? Ada solidaritas dan kebersamaan dalam lagu ini. Diiring gitar bolong, penuh semangat menyanyikannya. Satu dari antara kami, akan berkeliling membawa wadah sebagai tempat menaruh uang. Uang inilah yang dijadikan modal membeli apa yang diperlukan. Macam-macamlah. Mulai dari minuman hingga kacang-kacangan, juga makanan ringan.

Dalam kamus bahasa indonesia: talang berarti saluran air pada cucuran atap. Tapi tidak bagi kami. Talang adalah cara mengumpulkan uang untuk membeli kebutuhan pada saat itu. Kekuatan lagu talang bisa membangkitan solidaritas. Lagu talang juga memupuk rasa kebersamaan.

Bukan hanya mau membeli kebutuhan saat itu, kami membudayakan talang. Ketika ada kawan-kawan penghuni asrama dilanda masalah, kami juga membantunya dengan cara talang. Kayaknya talang telah membudayakan dalam darah anak-anak asrama.

Sudah lama saya tidak menyanyikan lagu ini. Mungkin karena saya tidak lagi tinggal di asrama. Mungkin juga karena tidak ada lagi teman untuk saya menyanyikannya. Tidak apa-apalah. Yang penting saya masih ingat bagaimana menyanyikannya.

Saya juga tidak tahu, apakah lagu ini masih berkumandang di asrama kami yang sudah modern itu? Semoga saja.

4 komentar:

oyencadebidoih said...

Talang-Talang welcome to MATUK, he-he..'Ntel & Paulus Terkenang masa bahulak. Bud, saya saat ini kesulitan masukan foto-foto di wordpress, berulang-ulang tapi selalu gagal. Talang LAH...O ya aku juga buka blogspot. jalan kesana ya. Salam.

budi miank said...

udah pula aku lihat blog mu. bagus juga. kalau wordpress, ak agak tulalit. maklum gak bikin wordpress. jadi aku ndak 'NALANG'...

Ntel udah 'ngisi' keh?

nie said...

ajarin lah gimana nyanyiinnya :p

hehe..salam kenal ;)

budi miank said...

utk nie: ntar deh kalau ketemu
diajari cara menyanyinya..

ma ksh udah singgah

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code